Nasu Palekko

Menyambangi kabupaten Sidrap atau Pinrang Sulawesi Selatan tak lengkap rasanya jika tidak menyantap makanan khas daerah yang satu ini.

 Nasu Palekko

Namanya Nasu Palekko. Makanan khas bugis berbahan daging bebek ini memiliki sensasi rasa pedas, yang cukup membuat anda bermandi peluh keringat.  Saran bagi anda yang memiliki gangguan pencernaan, nafsu untuk memakan hidangan yang satu ini sebaiknya ditahan.

Di Sidrap sendiri, kuliner ini seperti menjadi hal yang wajib dihidangkan pada setiap hajatan. 

Nasu Palekko atau bebek cincang bagi masyarakat sudah dikenal sejak ratusan tahun silam. 
Proses pembuatan “Nasu palekko” atau bebek cincang, tak berbeda jauh dengan menu masakan bebek pada umumnya, Bebek yang sudah disembelih dikuliti lalu dicincang sehingga ukurannya menjadi kecil, Setelah itu, daging bebek tersebut dicuci bersih dengan air, lalu diberi perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.

Bumbu yang digunakan terdiri dari jahe, bawang merah, bawang putih, sereh, dan sejumlah bumbu dapur lainnya serta garam sebagai penyedap rasa, Kemudian Bumbu-bumbu tersebut dipotong-potong dan digiling hingga halus. 

Setelah dihaluskan, bumbu dan daging bebek yang telah dicincang tersebut lalu dimasukkan kedalam penggorengan yang telah diisi dengan minyak yang dibuat dari lemak kulit bebek itu sendiri, Kemudian diaduk bersama bumbu hingga matang.

Ciri khas dari kuliner nusantara yang satu ini yaitu “Nasu palekko” adalah rasanya yang cukup pedas dan memiliki aroma tersendiri. Pasalnya, dalam proses pembuatannya, “Nasu palekko” menggunakan minyak yang berasal dari lemak bebek. Berikut ini adalah resep pembuatan nasu pelekko.

 

Bahan:

  • 1 ekor itik muda, bersihkan, potong-potong
  • 1 bh jeruk nipis
  • 2 sdt garam
  • 200 ml air asam Jawa
  • ½ sdt kaldu ayam bubuk
  • 5 sdm minyak goring
  • 300 ml air
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 10 bh bawang merah, haluskan
  • 30 bh cabai rawit hijau, haluskan

Cara Membuat:

  1. Lumuri itik dengan air jeruk nipis dan 1 sendok teh garam. Diamkan selama 10 menit. Cuci itik di bawah air mengalir. Tiriskan.
  2. Lumuri itik dengan 100 ml air asam Jawa, sisa garam, dan ¼ sdt kaldu ayam bubuk. Remas-remas itik dan diamkan kembali selama 10 menit.
  3. Panaskan minyak goreng, masukkan itik beserta bumbu perendam, aduk rata. Masak sampai itik berubah warna. Tuang air, masak sampai itik empuk.
  4. Tuang sisa air asam Jawa, kunyit bubuk, bawang merah, cabai rawit hijau, dan sisa kaldu ayam bubuk, aduk rata. Masak sampai air menyusut dan matang. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Ayam Kremes

Sambal Cabai Hijau Resep Makanan Khas Padang

Resep Steak Daging Sapi