Resep Nasi Goreng Jawa Khas Nusantara

Nasi goreng merupakan salah satu dari sekian banyak makanan khas Indonesia. Nasi goreng juga merupakan salah satu jenis makanan yang difavoritkan oleh masyarakat Indonesia.

Meskipun disukai oleh orang Indonesia, tidak demikian dengan orang barat, mereka menganggap nasi goreng tidak sehat karena mengandung lemak jahat atau lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan, alasannya karena menggoreng nasi menggunakan minyak sawit yang mengandung lemak jenuh. 

Resep Nasi Goreng Jawa Khas Nusantara

Untuk mengatasi agar nasi goreng anda tak mengandung lemak jenuh, maka dalam artikel ini akan dibahas resep nasi goreng Jawa yang aman untuk kesehatan.

Maksud aman disini karena nasi goreng konvensional bisanya menggunakan minyak kelapa sawit yang mengandung minyak jenuh maka anda harus menggantinya dengan margarin.

Sesuai namanya nasi goreng Jawa merupakan salah satu variasi dalam pembuatan nasi goreng, bedanya hanya terdapat pada bahan-bahan pelengkapnya saja.

Bahan yang perlu anda persiapkan adalah 500 gram nasi, 250 gram daging sapi yang sudah d rebus, dan dipotong panjang, 100 gram udang (kupas kulitnya) 2 sdm kecap, 2 sendok margarin.

Siapkan juga bumbu halus yang terdiri dari rempah seperti 5 buah cabai yang dibuang bijinya, 1 sdt terasi, 5 buah bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sdt ketumbar 1 sdt garam dan ½ sdt gula.

Bahan pelengkap anda bisa menggunakan telur ayam yang sudah di buat dadar, mentimun yang dikupas dan dibentuk sesuai selera, kerupuk dsb.

Cara membuat, tumis bumbu halus hingga harum menggunakan margarin, masukan 3 sendok air bersih dan kecap manis, masukan udang dan daging sapi aduk sesaat hingga rata. Setelah daging agak matang, masukan nasi, aduk terus hingga merata diatas api kecil. Sajikan dengan bahan pelengkap.

Margarin yang dibahas dalam resep nasi goreng ini adalah margarin dari Blueband. Kenapa harus menggunakan blueband? Blueband merupakan produk margarin yang mengandung lemak trans dan dapat meningkatkan aroma dan rasa gurih dalam masakan anda.

Jadi dalam proses pembuatan nasi goreng nantinya lebih baik anda mengganti minyak sawit dengan menggunakan blueband.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Ayam Kremes

Sambal Cabai Hijau Resep Makanan Khas Padang

Resep Steak Daging Sapi