Soto Banjar

Banjarmasin ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini tidak hanya menawarkan keindahan kota dan alamnya, tetapi juga berbagai macam makanan lezat yang tepat untuk Anda yang gemar berwisata kuliner. 

Soto Banjar

Salah satu makanan paling lezat dan popular di Kalimantan Selatan adalah Soto Banjar. Anda tidak perlu khawatir kesulitan mencari makanan khas banjar ini karena  Soto Banjar ini tersedia di setiap sudut kota, baik di pasar tradisional, lokasi wisata, bahkan di mal-mal modern. 

Dari semua alternatif tempat-tempat tersebut, tempat yang menyediakan  Soto Banjar terlezat adalah Restoran Soto Banjar Bang Amat.

Restoran Soto Banjar Bang Amat terletak strategis di dekat sungai Pangambangan, Sungai Martapura. Restoran yang dimiliki oleh H. Ahmad Lawwani atau Bang Amat ini memanjakan pelanggannya untuk bersantai dengan menyajikan hidangan yang lezat, pemandangan sungai yang indah, aktivitas warga dan lalu lintas di sungai. 

Pelanggan yang telah mengunjungi Restoran Bang Amat biasanya berkunjung kembali dengan mengajak teman dan keluarganya sehingga restoran ini selalu ramai terutama di siang hari. Sambil menikmati hidangan Soto Banjar Anda, Anda akan dihibur dengan alunan musik tradisional Banjar yaitu alat musik petik Panting.

Soto merupakan kuliner khas nusantara, soto Banjar terbuat dari campuran daging, kaldu dan sayuran yang dibumbui secara khusus dengan adas bintang, serai, cengkeh,  kapulaga, dan  kayu manis yang membuat Soto Banjar ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat. 

Pertama-tama, rempah-rempah dan bumbu soto ditumis dengan sedikit minyak sayur atau jintan lalu dimasukkan ke dalam rebusan kaldu ayam. Berbeda dengan soto lainnya, Soto Banjar tidak mengandung santan sehingga kuahnya terlihat jernih.

Selanjutnya, bahan Soto Banjar lain lain seperti daging ayam, bihun, wortel, kentang, sepotong telur bebek rebus, perasan jeruk nipis, serta potongan-potongan sledri yang membawa rasa segar dan lezat ditambahkan ke dalam soto, disertai dengan variasi nasi atau lontong. 

Soto Banjar Bang Amat menggunakan telur bebek yang berasal dari Desa Alabio Kabupaten Hulu, yang menjadi pusat penernakan itik di Kalimantan Selatan. 

Anda pun tidak perlu merogoh kocek yang besar, cukup dengan Rp 19.000,00 Anda dapat menikmati makanan khas Kalimantan Selatan ini.

Selain Soto Banjar, di Restauran Soto Banjar Bang Amat ini juga menyediakan kuliner nusantara lainnya seperti sate ayam yang lezat untuk Anda coba. 

Sate ayam sejumlah 10 tusuk ini dilengkapi dengan saus kacang yang terasa lebih enak jika Anda menambahkan kecap dan sambal kacang. Satu porsi sate ayam ini dapat dinikmati dengan harga Rp 17.000,00. 

Untuk lebih menyegarkan makanan lezat tersebut, Anda dapat mencoba Es Nyiur Susu yang dibuat dari air kelapa dan susu. Harga Es Nyiur Susu ini juga cukup terjangkau yaitu Rp 5.000,00.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Ayam Kremes

Sambal Cabai Hijau Resep Makanan Khas Padang

Resep Steak Daging Sapi