Resep Ayam Kremes

Banyak kita temui berbagai masakan dengan bahan utama daging ayam, salah satunya adalah Ayam Kremes.

Menu makanan ini bisa kita jumpai desitiap kota, baik itu dijajakan di restauran atau bahkan ada warung makan kelas kaki lima menawarkan menu Ayam Kremes ini.

Ciri dari makanan ini adalah ayam goreng yang ditaburi efek kremes diatasnya, maka dari itu masakan ini dinamai ayam kremes dan menjadi popules di setiap kalangan.


Resep Ayam Kremes

Membuat masakan ayam kremes ini sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan kita mengetahui resep dan cara memasaknya pastilah kita bisa berkreasi sendiri dirumah.

Keuntungan memasak sendiri adalah kita bisa menambahkan sesuatu yang tidak standar di restauran, dan kita bisa mengatur tingkat rasanya sendiri seperti kurang gurih atau kurang asin.

Bahan :

1 ekor ayam kampung
ukuran kecil
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
1 ibu jari lengkuas, memarkan
1 1/2 liter air untuk merebus
2 sdm tepung kanji
2 sdm tepung beras
1/2 sdt baking powder
minyak untuk menggoreng

Bahan yang dihaluskan :

1 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt merica butir
1/2 sdt jinten
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
garam secukupnya

Cara memasak:

Siapkan ayam yang akan dimasak, buat ayam menjadi  bekakak atau dilebarkan dan di goreng utuh. Setelah itu baru campurkan bumbu yang sudah di haluskan tadi bersama ayam dan daun salam, daun jeruk, serai ,lengkuas dan air.

Baru anda rebus dengan api sedang sampai ayam benar-benar matang, Ambil ayam yang sudah di rebus tadi dan pisahkan dari air rebusa (air rebusan atau kaldu ayam jangan di buang) lalu di goreng garing dengan minyak yang banyak hingga kecoklatan.

Untuk membuat kremesnya, air kaldu rebusan tadi anda panaskan lagi. Setelah itu anda siapkan tepung kanji dan tepung beras yang sudah di campur baking powder, dan larutkan dengan sedikit air.

Setelah terlarut campur dengan kaldu rebusan tadi hingga kental dan rata, tinggal anda goreng sidikit demi sedikit dengan minyak panas maka akan menjadi kremes dan taburkan keatas ayam yang sudah di goreng tadi.

Comments

Popular posts from this blog

Sambal Cabai Hijau Resep Makanan Khas Padang

Resep Steak Daging Sapi